Tahap dan Proses Pengiriman Paket JNE

0

TEKNOSID.COM – JNE adalah salah satu jasa ekspedisi pengiriman barang yang populer di Indonesia. Misal, di marketplace online kenamaan, hampir semua toko, JNE selalu ada pada opsi pilihannya.

Ada banyak layanan pengiriman yang tersedia di JNE diantaranya:

  • Super Speed (SS): Adalah layanan pengiriman dengan mengutamakan kecepatan dan penyampaiannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan/disepakati.
  • Yakin Esok Sampai (YES): Adalah layanan dengan waktu penyampaian di tujuan keesokan hari (termasuk Minggu dan hari libur nasional).
    • Estimasi pengiriman: 1-2 Hari
  • Reguler (REG): Adalah layanan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia, pengiriman dilakukan hanya jam kerja, dari Senin hingga Sabtu. Hari Minggu atau Libur Nasional tidak melakukan pengiriman.
    • Estimasi pengiriman: 1-7 Hari
  • Ongkos Kirim Ekonomis (OKE): Adalah layanan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia, dengan tarif ekonomis, waktu pengiriman lebih lama dari paket reguler. Hari Sabtu, Minggu dan Libur Nasional tidak melakukan pengiriman.
    • Estimasi pengiriman: 2-7+ Hari

Sebenarnya layanan diatas hanya sebagian saja, yang sering dipakai oleh pengguna reguler di Indonesia.

Baca juga: Arti Status Pengiriman JNE

Tahap-tahap pengiriman JNE

Sekarang mengenai proses atau tahap-tahap saat pengiriman JNE, sebagai berikut:

Studi kasus, dibawah ini adalah salah satu contoh pengiriman barang antar Provinsi, dari Jakarta (Pengirim) dikirim ke Bandung (Penerima).

  1. Dimulai dari status “SHIPMENT RECEIVED BY JNE COUNTER OFFICER [JAKARTA]”, Yakni paket atau dokumen baru saja didaftarkan di Kantor Cabang/Agen JNE. Kantor Cabang/Agen adalah tempat dimana Anda mulai memberikan paket dan membayar ke petugas JNE. Setelah terdaftar nantinya akan dilanjut ke tempat sorting center.
  2. Dilanjut dengan status “RECEIVED AT SORTING CENTER [JAKARTA]“, paket dan dokumen sudah diterima disorting center yang terdekat dari kantor cabang/agen.
  3. Status “PROCESSED AT SORTING CENTER [JAKARTA]” Setelah diterima di tempat sorting center, paket sudah selesai di-sortir. Dari mulai diterima hingga diproses biasanya memakan waktu 1-3 Jam. Kemudian paket akan dikirimkan ke tempat “Origin Gateway”.
  4. Jika sudah disorting, barang akan dikirimkan ke gudang di kota pengirim. Statusnya “RECEIVED AT ORIGIN GATEWAY [JAKARTA]“, status tersebut artinya paket sudah diterima di gudang yang masih berada di kota pengirim, yang nantinya akan siap dikirimkan ke gudang yang berada di kota tujuan.
  5. Dari origin gateway paket akan dikirim ke gudang di kota tujuan dan jika sudah diterima statunya seperti ini: “RECEIVED AT WAREHOUSE [BANDUNG]“, status ini artinya paket sudah diterima di pusat gudang yang berada di kota tujuan, bisa Anda lihat sendiri paket sudah sampai di gudang yang ada di Bandung.
  6. Jika sudah dari gudang, kemudian paket akan dikirim lagi ke tempat kantor JNEyang paling terdekat dengan alamat tujuan. “SHIPMENT FORWARDED TO DESTINATION [BDO, KP MAJASETRA]“, status tersebut artinya, paket sedang dalam proses pengiriman ke kantor JNE.
  7. Status “RECEIVED AT INBOUND STATION [BDO, KP MAJASETRA]”, artinya paket sudah diterima di tempat kantor JNE yang paling dekat dengan alamat tujuan.
    • Jarak antara keluharan Majasetra dan Majalaya jaraknya cukup dekat, jadinya dari gudang pusat yang berada di Kota Bandung paket dikirimkan terlebih dahulu ke kantor JNE Majasetra.
  8. Jika paket sudah berada di kantor JNE terdekat, biasanya kurir akan memulai pengiriman ke alamat tujuan, yang nantinya akan berstatus “WITH DELIVERY COURIER [BANDUNG]”
  9. Setelah status “With delivery courier” Anda tinggal menunggu kurir datang hingga sampai ke alamat Anda. Jika alamat tujuannya kantor pekerjaan, Anda tinggal menitip pesan kepada rekan kerja, dan jika alamatnya di rumah, Anda bisa menunggu atau menyuruh kerabat terdekat untuk menerimanya.
    Ilustari tahap-tahap dan proses pengiriman paket JNE | Sumber ikon: pngtree.com (Designer: xuxiaojian & 588ku), Favpng.com (Designer: hadaeun03252), www.hiclipart.com.

Berbeda dengan pengiriman antar satu kota, misalkan dari Bandung ke Bandung lagi dan jaraknya juga tidak terlalu jauh, ada beberapa tahap yang dilewati seperti “pengiriman ke origin gateway” dan “pengiriman ke kantor JNE terdekat”, bisa Anda lihat screenshot nya dibawah ini: Jika Anda penasaran dengan istalah atau status yang ada di JNE ketika melihat resi-nya, Anda bisa melihatnya dipostingan ini: Disini

Sewaktu-waktu informasi status bisa saja berubah, seperti halnya pada tahun 2015 ke belakang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here