Ciri-Ciri Kartu SIM Hangus (Telkomsel, Indosat, XL, Tri & Axis)

0

TEKNOSID.COM – Anda pengguna kartu SIM dari berbagai operator jangan lupa untuk mengisi pulsa secara berkala sekalipun tidak dipakai, pasalnya setiap kartu SIM prabayar memiliki masa tenggang dan kemudian masuk ke hangus.

Saya akan berbagi pengalaman tentang kartu hangus pada provider Indosat, karna saya sendiri pernah mengalaminya. Anda juga bisa memeriksa artikelnya dibawah ini:

Agar Tidak Hangus

Jadi awalnya kartuk dimulai dari masa aktif kemudian dilanjut ke masa tenggang dan terakhir kartu akan hangus jika tidak diperpanjang. Sementara, jika masih masa tenggang, Anda masih bisa menyelamatkan nomor atau kartu SIM Anda cukup dengan mengisi Pulsa.

Untuk operator Indosat masa tenggang berlangsung 30 hari sebelum masuk ke masa hangus, sesuai dengan ketentuan yang tertulis dihalaman Indosat.

Catatan: Tiap operator memiliki Syarat dan Ketentuan masing-masing

Nah jika sudah masuk masa tenggang, Anda bisa menyelamatkannya dengan mengisi Pulsa, nantinya durasi masa aktif akan bertambah sesuai dengan Pulsa yang dibeli. Untuk informasi penambahan durasi dari nominal pulsa Anda bisa cek artikelnya disini:

Tips yang lainnya adalah jangan malas untuk memeriksa SMS pemberitahuan dari Operator, serta cek pulsa dengan masing-masing untuk melihat pulsa dan masa aktif.

  • Indosat, XL & Axis: *123#
  • Telkomsel: *888#
  • Tri (3): *111#

Hangus

Selain itu jika sudah terlanjur hangus kemungkinan bisa re-aktivasi hanya 50%, sisanya kartu tidak bisa dikembalikan dan terlanjur sudah di re-cycle. Informasi tersebut saya dapatkan dari costumer service yang ada di Gerai, itu kalau Indosat Ooredoo.

Catatan: Tiap operator memiliki Syarat dan Ketentuan masing-masing.

1. Sinyal Hilang

Awalnya sinyal menjadi SOS, (tergantung perangkat yang digunakan), kemudian lama-lama sinyal akan hilang sendirinya. Jika sudah begitu Anda tidak akan bisa melakukan komunikasi sedikitpun.

2. Tidak bisa Kirim/Terima Telepon dan SMS

Sehubungan dengan hilangnya sinyal, Anda tidak dapat melakukan panggilan telepon ataupun SMS, serta menerima panggilan dan SMS dari yang lainpun sudah tidak bisa. Bahkan untuk memeriksa pulsa juga tidak bisa, layaknya layanan sudah diputus total.

3. Kartu Tidak Terdeteksi

Walaupun kartu SIM dipindahkan ke perangkat ponsel lain, kartu SIM tidak akan terdeteksi sama sekali.

Solusi Jika Hangus

Saya sarankan langsung datang ke Gerai jika Anda pengguna Indosat, datang ke GraPARI jika pengguna Telkmosel. Maksudnya langsung datang ke layanan costumer service terdekat yang ada di Kota Anda. Tidak perlu menghubungi lewat e-mail ataupun lewat sosial media.

Sesuai pengalaman dan cerita dari pengguna lain jika menghubungi lewat e-mail dan sosial media. Jika hangus dan permintaan re-aktivasi kadang jawaban dari costumer service akan menjawab tidak bisa di re-aktivasi, namun setelah datang ke service center mereka dapat membantu Anda.

Saat ke service center pastikan Anda membawa identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) atau identitas lain sesuai yang terdaftar saat registrasi.

Kalau sudah hangus lama misalkan satu bulan lebih kemungkinan tidak bisa diaktifkan kembali, namun tak ada salahnya kita bertanya dan datang ke service center pada tiap operator yang Anda pakai.

Begitulah ciri-ciri kartu SIM yang hangus. Ciri-ciri tersebut terjadi pada operator lainnya entah itu Telkomsel (simPATI & KARTU As), Indosat Ooredoo (IM3 & Mentari), XL Axiata, Axis, 3 (Tri) dan kartu SIM prabayar lainnya, jika hangus akan mengalami ketiga contoh diatas.

Baca juga:

Jadi jangan sampai hangus, bayangkan jika kartu SIM, sudah Anda pakai bertahun-tahun dan kontak dengan teman dan orang terdekat hilang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here