Cara Root Asus Zenfone Max Pro M2, Tanpa TWRP + Cara Root nya

1

TEKNOSID.COM – Agar bisa memodifikasi smartphone Android Anda dengan fitur-fitur yang menarik? hal utama yang harus Anda lakukan adalah Rooting pada smartphone, pasalnya kebanyakan aplikasi yang menarik atau aplikasi yang Anda butuhkan misalnya seperti aplikasi Link2SD (Aplikasi yang berguna untuk memindahkan data game dari internal ke eksternal) aplikasi tersebut butuh akses root agar dapat di Install, karna jika belum, Anda tidak bisa memasangnya, dan masih banyak lagi.

Pada kali ini kami akan memberikan tips bagaimana cara root pada smartphone Asus Zenfone Max Pro M2, tanpa menggunakan custom recovery atau TWRP. Karna biasanya untuk memasang TWRP kita harus melakukan reset data dan mungkin saja Anda malas untuk membackupnya.

Tetapi jika root tanpa TWRP ini, tidak akan me-reset data, namun lebih baik kita backup data penting yang ada di internal, takutnya terjadi sesuatu yang tidak-tidak seperti bootloop ataupun brick.

Untuk root, disini kami akan menggunakan Magisk dan tidak memilih SuperSU, karna Magisk memiliki kelebihan dari segi fitur. Pasalnya pada Magisk memiliki banyak “module” yang tersedia yang bebas Anda pilih, seperti halnya pada Xposed memiliki module juga, dan tak kalah pentingnya Magisk sudah tertanam fitur Magisk Hide.

Kumpulan module yang bisa Anda download dan jumlahnya sangat banyak dan module nya up to date.

Jadi bilamana Anda memasang aplikasi dari Bank seperti BCA Mobile, Jenius atau aplikasi yang sudah terpasang keamanan “SafetyNet” Anda tidak bisa memasangnya, itu jika Anda menggunakan root SuperSU. Tetapi jika menggunakan Magisk, Anda tinggal mengaktifkan Magisk Hide, Anda pun akan bisa memasang aplikasi yang kami sebutkan diatas, tanpa berlama-lama lagi yuk masuk ketutorialnya.

Disclaimer: TEKNOSID tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu pada perangkat Anda.

Syarat Root

Untuk dapat Root syarat utama yang harus dilakukan adalah Unlock Bootloader (UBL)jika Anda belum melakukan UBL tutorialnya ada disini: Cara Mudah Unlock Bootloader Asus Zenfone Max Pro M2

File yang dibutuhkan:

Sebelum mulai

Error Command Prompt

Sebelum memulai langkah-langkah, saya sedikit cerita, bahwa komputer yang saya gunakan mungkin ada masalah entah dari driver atau OS, atau entah darimananya, sampai saat ini belum menemukan solusinya. Masalahnya adalah saat flashing di CMD, flashing file berukuran puluhan Mega byte selalu gagal, pesan errornya seperti ini: (remote: ‘Requested download size is more than max allowed)

Saya sudah coba searching dibeberapa website dan forum, solusinya adalah dengan memindahkan kabel USB ke port USB 3.0, diforum yang saya kunjungi sih banyak yang mengalami hal tersebut dan solusinya dengan memindahkan kabel USB, dan hasilnya banyak yang berhasil.

Tetapi setelah saya coba, hasilnya tetap gagal dengan pesan error yang sama, saya juga c oba menambahkan perintah -w dibagian perintah untuk flashing, tetapi tetap hasilnya masih gagal juga. Saya pun iseng-iseng coba  mencabut HP dari PC dan menemukan caranya tetapi sedikit tricky dan hasilnya berhasil, kendati demikian pesan error tersebut belum ada solusinya.

Balik lagi mungkin sebagian orang ada yang mengalami seperti saya, dan belum menemukan caranya, Anda bisa mengikuti tutorial dari kami. Tetapi bagi Anda yang mengikuti tutorial dibawah ini dan tak ada kendala berarti Anda beruntung.

 Boot.img

Untuk dapat root menggunakan Magisk Manager, kita perlu file boot.img dan untuk mendapatkan boot.img saya dapatkan dari dalam file firmware Asus Zenfone Max Pro M2 yang saya download pada situs resmi Asus: Halaman Download Firmware

Saya tidak tahu, apakah boot.img ini bisa digunakan oleh firmware lain, tetapi untuk meyakinkan, Anda bisa mengunduh firmwarenya sesuai dengan Nomor bentukan/Build Number yang saat ini Anda pakai.

Jika saya nomor bentukannya (Versi WW-15.2016.1901.186) dan sayapun mengambil boot.img dari firmware tersebut. Tetapi jika Anda menggunakan firmware yang sama, Anda bisa mengunduh boot.img yang saya pakai, link downloadnya ada dibawah

A. Langkah-langkah Root Asus Zenfone Max Pro M2

  1. Aktifkan USB Debugging, caranya masuk Setelan > Sistem > Opsi Developer > Geser kebawah dan aktifkan USB Debugging.
  2. Install USB Driver (PDAnet) dan juga ekstrak file Platform Tools.
  3. Kemudian simpan Magisk Manager dan boot.img pada smartphone Asus Anda.
  4. Setelah itu install dan buka aplikasi Magisk Manager kemudian tap Install pada bagian yang disilang, tap Install lagi kemudian pilih Patch Boot Image File/Tambal Boot Image File, setelah itu pilih Boot.img tadi dan tunggu proses flashing boot.img selesai.
  5. Setelah flashing boot.img selesai nantinya akan muncul file baru yang bernama patched_boot.img, nah kemudian file tersebut pindahkan ke komputer tepatnya kedalam folder platform tools.
  6. Setelah file patched_boot.img dipindahkan, sekarang matikan smartphone dan masuk ke mode fastboot dengan cara menekan Tombol Power + Volume Up secara bersamaan, selanjutnya sambungkan smartphone ke komputer
  7. Sekarang masuk ke command prompt dengan direktori tujuan yakni folder platform tools. Buka folder platform tools, kemudian klik kiri dibagian Address Bar dan ketikan cmd, kemudian tekan Enter, nantinya akan otomatis masuk ke jendela  Command Prompt.
  8. Setelah masuk ke jendela Command Prompt, kemudian masukan perintah:
    fastboot devices

    Perintah tersebut berguna untuk memeriksa apakah smartphone kita sudah terhubung dengan komputer atau belum, jika terdeteksi nantinya akan muncul kumpulan campuran angka dan huruf.

  9. Sekarang waktunya untuk memasukan perintah untuk flash file patched_boot.img, masukan perintah:
    fastboot flash boot patched_boot.img

    Jika berhasil, nantinya pada CMD akan tertulis OKAY, berarti Anda sudah berhasil flash patched_boot.img dan artinya Anda berhasil melakukan rooting, jika berhasil berikutnya tinggal restart smartphone Anda.

Gagal dengan pesan error: Requested download size is more than max allowed

Jika saat memasukan perintah flash, namun gagal dengan pesan error “Requested download size is more than max allowed”? langkahnya sebagai berikut

  1. Pastikan sudah membuka command prompt tadi
  2. Cabut smartphone dan jangan dulu disambungkan, tetapi smartphone pastikan masih dalam keadaan mode fastboot
  3. Pada command prompt, masukan perintah: fastboot flash boot patched_boot.img tekan Enter
  4. Nantinya akan muncul tulisan “Waiting Any Device”, nah sekarang coba sambungkan smartphone ke komputer, dan lihat hasilnya terulis Okay, seperti pada gambar dibawah ini:

Perintah:

  • Windows Command Prompt: fastboot devices dan fastboot flash boot patched_boot.img
  • Windows PowerShell: .\fastboot devices dan .\fastboot flash boot patched_boot.img
  • Terminal MacOS/Linux: ./fastboot devices dan ./fastboot flash boot patched_boot.img

B. Cara Unroot Asus Zenfone Max Pro M2

  1. Sebelum unroot pastikan Anda sudah uninstall aplikasi yang memerlukan akses root dan juga sudah menonaktifkan perizinan root pada menu SuperSu
  2. Buka aplikasi Magisk Manager, cek dibagian bawah tap Uninstall, kemudian pilih Restore Images
  3. Setelah Restore Images selesai, tap Uninstall kembali dan pilih Complete Uninstall
  4. Nantinya akan otomatis uninstall Magisk Manager dan otomatis reboot sendiri, dan status root pun akan kembali menjadi unroot, bisa Anda cek di aplikasi Root Checker

Tutorial versi video:


Untuk memastikan apakah sudah dalam keadaan root atau belum, Anda bisa menggunakan aplikasi Magisk Manager atau Root Checker untuk memeriksanya, jika ikon silang merah berubah menjadi centang berwarna hijau, berarti sudah dipastikan smartphone Anda sudah berhasil diroot

Itu saja dari kami, mohon maaf bila kepanjangan terutama dibagian sebelum langkah-langkah, karna saya pikir informasi tersebut sangat perlu dibagikan.

1 COMMENT

  1. Kenapa Aplikasi Mandiri Online saya masih tetap tidak bisa terbuka yan gan, masih keluar tulisan device posisi root padahal sudah di hide, ada solusinya ga gan??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here