Pengalaman Migrasi Paket Indihome dari Triple Play ke Dual Play

0

TEKNOSID.COM – Kebetulan saya selaku salah satu penulis disini, saya menggunakan layanan ISP (Internet Service Provider) dari Telkom yakni Indihome dan sudah lama memakainya karna tidak ada ISP lain yang tersedia di daerah saya, haha.

Sejauh ini layanan internet yang diberikan Indihome sangat puas, jarang sekali gangguan bahkan dalam satu bulan full lancar tanpa gangguan. Berbeda dengan layanan ISP Telkom yang lama seperti Speedy, seminggu bisa beberapa kali gangguan, mungkin wajar karna masih kabel tembaga. Berbeda dengan Indihome sudah fiber optic.

Pertama daftar Indihome, saya mendaftarkan diri untuk paket Triple Play 10 Mbps dengan tagihan bulanan kurang lebih diatas Rp 380,000 keatas kadang tidak menentu bisa sampai Rp 420.000, sudah termasuk biaya pajak dan lain-lainnya. Paket Triple Play layanan yang diberikan ada tiga, yakni Internet, UseeTV (Channel TV) dan Telepon.

Saya berencana pindah paket dari Triple Play (3P) 10 Mbps ke Dual Play (2P) 20 Mbps dengan alasan ingin upgrade kecepatan, lebih murah dan mubazir jika masih 3P karna UseeTV jarang digunakan, bahkan Telpon Rumah sama sekali tidak pernah digunakan.

Untuk paket Dual Play sendiri Anda bisa memilih Internet + Telepon atau Internet + UseeTv. Disini saya pilih Internet + Telepon/

Nah bagi Anda yang ingin pindah paket, kami berikan tipsnya cukup mudah kok, berikut syarat dan langkah-langkahnya:

Syarat Migrasi Paket Indihome

  • KTP
  • Nomor Internet/Telepon

Proses Migrasi Paket Indihome

Sebelum ke langkah-langkah, saya ingin sedikit cerita. Sebelum migrasi saya terlebih dahulu bertanya-tanya kepada pengguna Indihome lain yang sudah berpengalaman migrasi  dan katanya pengajuannya sangat mudah dan cepat, ada yang setengah hari langsung berubah paket, ada juga yang sampai 1-3 hari baru selesai.

Tetapi yang saya alami sedikit mengecewakan, hampir 30 hari lebih baru selesai pindah ke 2P. Alasan dari Customer Service sih, lamanya proses migrasi disebabkan tahap Validasi. Saya tidak masalah dengan hal tersebut, karna 10 Mbps sebenarnya sudah cukup memenuhi kebutuhan, namun 2P 20 Mbps lebih menguntungkan.

  1. Untuk migrasi ada tiga cara yang bisa dilakukan, datang sendiri ke plasa Telkom, menghubungi lewat Telepon ke 147 atau lewat Twitter
  2. Pertama, disini saya mengajukan migrasi Dual Play (Internet + Telepon) ke plasa Telkom terdekat dengan membawa KTP yang sesuai dengan identitas yang sebelumnya digunakan untuk daftar.
    • Kemudian disuruh untuk mengisi formulir dan tanda tangan. Setelah itu pengajuan diproses dan jawaban dari CS adalah “Tunggu sampai sore Pak, mungkin kecepatan internet akan berubah nanti sore dan teknisi akan datang untuk memeriksanya”.
    • Selesai mengajukan sayapun pulang dan menunggu hingga sore dan hasilnya nihil, saya cek kecepatan pada situs Speedtest.net dan cek Status Langganan, pada aplikasi MyIndihome paket tidak berubah sama sekali.
  3. Kemudian tanggal 22 Maret 2019, saya putuskan untuk menghubungi Costumer Service lewat Twitter @TelkomCare. Untuk request migrasi kemudian CS pun meminta Foto KTP (KTP di Foto), Nomor HP dan Nomor Telepon/Internet. Setelah itu migrasi paket diproses dan diajukan.
    • Saya kembali menunggu 1-3 hari dan ternyata masih belum berubah, sayapun kembali bertanya ke CS Twitter @TelkomCare “Kenapa masih belum berubah” dan jawabannya “Masih dalam tahap validasi”, dan jawaban tersebut berlangsung tiap minggu.
    • Hal tersebut sudah beberapa kali ganti nomor tiket dan percepatan tiket lho haha, karna hampir tiap hari saya tanya dan jawabannya tetap sama.
  4. Sampai tanggal 02 Mei 2019, Modem secara otomatis me-restart sendiri dan saya cek pada aplikasi MyIndihome paket sudah berubah menjadi Dual Play 20 Mbps dan pada Speedtest.net kecepatan internet sudah berubah menjadi 20 Mbps. Tetapi sempat 1-2 kali turun kembali menjadi 10 Mbps.
    • Kemudian Costumer Service menghubungi saya lewat telepon dan menyuruh mematikan modem selama 5-10 menit.

Berikut screenshot pada aplikasi MyIndihomeMigrasi Paket Indihome

Setelah pindah ke 20 Mbps banyak keuntungan yang didapatkan, tentunya selain kecepatan Unduh dan Unggah, pengalaman bermain game online jadi semakin lancar. Karna saat 10 Mbps saya suka memainkan CS:GO mode kompetitif, koneksi sering Loss beberapa detik, permainan jadi terganggu dan membuat saya kesal. Tetapi saat 20 Mbps satu game penuh selama 30 menit, lancar tidak mengalami Loss yang menyebabkan patah-patah. Sekitar ada 4 smartphone yang terhubung dengan WiFi dari Indihome ini.

Tips dari saya, jika lama seperti yang saya alami saya sarankan terus hubungi pihak Costumer Service Telkom. Agar dibantu Follow Up.

Oh iya menurut informasi, katanya Anda juga bisa migrasi menjadi Single Play (1P), untuk layanan Internet saja. Sepertinya dari segi tagihan pun lebih murah. Tapi saya tidak melakukannya, ditakutkan suatu hari Telepon Rumah ini diperlukan.

Itulah pengalaman saya migrasi paket Indihome, semoga dapat membantu bagi yang ingin melakukan upgrade dan downgrade paket Indihome bisa ikuti langkah-langkah yang kami berikan, bebas mau pilih dengan datang langsung ke Plasa Telkom atau migrasi secara online

Nanti saya update juga tagihannya, karna sampai tanggal 20 Mei 2019 masih menagih “New Internet Fair Usage Speed 10 Mbps Voice 10 Mbps” total Rp 382.500 sudah termasuk PPN, Biaya Sewa Modem dan Materai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here