Cara Mengatasi Blue Screen Setelah Migrasi OS (Inaccessible Boot Device)

0

TEKNOSID.COM – Migrasi OS sangatlah mudah, banyak aplikasi yang menyediakan fitur untuk migrasi OS. Pasalnya fitur tersebut hanya mengkloning/menyalin semua file sistem yang tersimpan dipartisi (C:) dan dipindahkan ke SSD/HDD baru.

Namun pada saat proses migrasi terutama bagian akhir, setelah memindahkan boot priority ke SSD/HDD baru. Hasilnya malah Blue Screen of Death (BSOD) dengan pesan error “Inaccessible Boot Device’

Baca juga: Cara Clone / Migrasi OS dari Hard Disk ke SSD

Untuk mengatasi error tersebut, kami punya solusinya dan semoga bisa terapkan oleh Anda juga.

Langkah-langkah:

Untuk mengatasi Inaccessible Boot Device sangat mudah yakni dengan memancing Booting ke Safe Mode, caranya sebagai berikut:

  1. Pastikan di BIOS sudah mengatur boot priority dengan SSD/HDD baru yang didalamnya tersimpan file sistem.
    • Sebelumnya jika Anda mengalami Blue Screen nantinya akan otomatis masuk ke Automatic Repair, namun dalam kasus kami, walaupun sudah di-repair tetap tidak mau booting ke Home screen dan terus-terusan restart. Anda bisa mencoba menggunakan fitur repair, jika bisa booting selamat Anda berhasil.
  2. Pada menu Automatic Repair, pilih Advanced Options.
  3. Setelah itu pilih Troubleshoot, kemudian pilih Advanced Options.
  4. Pada menu Advanced Options pilih Startup Settings untuk dapat masuk ke Safe Mode, kemudian klik Restart
  5. Sesudah restart Anda akan dimasukan pada pilihan, Tekan angka 4 pada keyboard untuk memilih Safe Mode, nantinya secara otomatis akan masuk ke Safe Mode
  6. Jika masuk Safe Mode, berarti Anda sudah berhasil booting menggunakan SSD/HDD baru! Untuk memastikannya cek File Explorer dan lihat apakah partisi (C:) sudah berubah perangkat.
    Partisi (F:) adalah Hard Disk sebelumnya adalah (C:) yang dimana memiliki ukuran partisi 130 GB. Sekarang partisi (C:) sudah berubah ukurannya menjadi 230GB yang dimana perangkat tersebut adalah SSD.

     

Catatan:

  • Ciri-ciri jika sudah masuk Safe Mode, wallpaper berwarna hitam dan resolusi menjadi kecil.

Jika Anda berhasil mengatasinya selamat!, namun jika mengalami Blue Screen dengan pesan error yang berbeda, maaf untuk saat ini kami belum bisa menjawabnya. Selain itu jika ada tahap yang tidak dimengerti tinggal tulis komentar dibawah.

Tutorial versi Video:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here