Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Camera2 API, Tanpa Root/UBL

0

TEKNOSID.COM – Menurut informasi yang beredar “Camera2 API” ini hadir pada sistem operasi Android 5.0 (Lollipop), API tersebut dirilis untuk memberi dukungan lebih untuk kamera, tentunya jika dibawah Android 5.0, Anda tidak bisa mengaktifkan Camera2 API, tetapi masih Camera1 API, berikut sumber dari Android.com

Walaupun sudah Android 5.0 keatas tetapi tidak semua smartphone yang ada sekarang, Camera2 API nya aktif secara default. Hanya beberapa saja, salah satunya smartphone buatan dari Google yakni Google Pixel.

Nah bagi Anda pengguna android merek lain selain produk Google, dan ingin mengaktifkan CAmera2 API Anda harus mengaktifkannya secara manual dan tutorial kali ini tidak begitu beresiko karena tidak memerlukan akses Root ataupun Unlock Bootloader.

Biasanya beberapa orang ingin mengaktifkan Camera2 API, bertujuan untuk memasang Google Camera (Mod) yaitu software kamera portingan dari Google Pixel. Banyak yang menyukai bahwa kualitas gambar yang dihasilkan Google Camera sangat bagus.

Keuntungan dari mengaktifkan Camera2 API, dapat menikmati fitur diantaranya: RAW Format, Manual Focus, Manual White Balance,  Manual ISO, Manual Shutter Speed dan masih banyak lagi. Nah pada Google Camera, memiliki fitur tersebut jadinya Anda wajib mengaktifkan Camera2 API

Memeriksa apakah Camera2 API sudah aktif atau belum

Untuk memeriksa apakah Camera2 API sudah aktif, Anda bisa menggunakan aplikasi Camera2 Probe atau bisa juga menggunakan aplikasi Manual Camera Compatibility Test, keduanya aplikasi tersebut tersedia di Google Play Store.

Gambar kanan sebelum Camera2 API diaktifkan dan gambar kiri adalah sesudah

Berikut screenshot aplikasi Camera2 Probe dari smartphone Asus Zenfone Max Pro M2, bisa Anda lihat dibagian Hardware Support Level ada empat status yakni LEVEL_3, FULL, LIMITED dan LEGACY, dan penjelasan dari status tersebut Anda bisa baca dihalaman Android.com

Namun secara singkatnya dari status tersebut, sebagai berikut:

  • Level 3: Untuk level ini satu tingkat dari Full, maksudnya sudah support Camera2 API, tetapi Anda juga bisa memasang kamera yang memiliki fitur RAW image capture, YUV reprocessing dan masih banyak lagi.
  • Full: Artinya smartphone sudah support Camera2 API dan sudah mendukung sepenuhnya fitur dari Camera2 API.
  • Limited: Artinya smartphone sudah support Camera2 API, tetapi mendukung beberapa fitur saja.
  • Legacy: Artinya smartphone hanya bisa memakai fitur dari Camera1 API saja, tidak diizinkan menggunakan fitur Camera2 API

Nah pada Asus Zenfone Max Pro M2, secara bawaan support level-nya adalah Legacy yang berarti Cmaera2 API belum aktif, dan setelah mengaktifkan camera_hal3 status nya menjadi Level_3, yang berarti juga Anda sudah dapat memasang Google Camera (Mod)

Disclaimer: Lakukan tutorial ini dengan resiko Anda  sendiri.

Cara Mengaktifkan Camera2 API

Download:

  1. Install dan ekstrak kedua file diatas.
  2. Kedua pastikan smartphone Anda sudah mengaktifkan USB Debugging.
  3. Setelah itu matikan smartphone dan masuk ke Mode Fastboot, disini cara masuk Mode Fastboot tiap smartphone mungkin beda-beda, tetapi untuk Asus Zenfone Max Pro M2 dengan menekan Power + Volume Up secara bersamaan.
  4. Kemudian sambungkan smartphone dengan PC.
  5. Sekarang buka file Adb & Fastboot, arahkan kursor mouse pada folder platform tools kemudian tekan Shift + Klik kanan secara bersamaan, dan setelah itu klik Open PowerShell command here 
  6. Setelah masuk ke jendela Windows PowerShell masukan perintah ini: .\fastboot devices kemudian Enter, Jika terdeteksi akan muncul kumpulan campuran angka dan huruf, dan perintah ini berfungsi untuk memeriksa apakah fastboot sudah terdeteksi oleh PC atau belum, berikut perintah pada command-line versi lain:
    • Windows PowerShell:  .\fastboot devices
    • Windows Command Prompt: fastboot devices
    • Terminal MacOS: ./fastboot devices
  7. Bilamana sudah terdeteksi, sekarang menuju kepada perintah untuk mengaktifkan Camera2 API, masukan perintah .\fastboot oem enable_camera_hal3 true, atau pada command-line versi lain sebagai berikut:
    • Windows PowerShell: .\fastboot oem enable_camera_hal3 true
    • Windows Command Prompt: fastboot oem enable_camera_hal3 true
    • macOS or Linux Terminal: ./fastboot oem enable_camera_hal3 true
  8. Jika berhasil akan tertulis OKAY, dan jika gagal akan tertulis FAILED, nah jika gagal Anda bisa mencoba cabut & pasang kabel USB atau restart smartphone-nya kemudian masuk lagi ke Mode Fastboot.

Sekarang Anda dapat memasang aplikasi Google Camera (Mod) atau aplikasi Kamera yang memiliki fitur dari Camera2 API.

Cara Menontakifkan Camera2 API

Seperti pada langkah ketujuh diatas, Anda cukup mengganti bagian akhir dari perintah ini:  .\fastboot oem enable_camera_hal3 true menjadi  .\fastboot oem enable_camera_hal3 false

Berikut tutorial versi video:

Karena Camera2 API sudah aktif, sekarang pada smartphone yang kami gunakan yakni Asus Zenfone Max Pro M2 sudah terpasang Google Camera (Mod). Smenetara itu jika Anda tidak tahu smartphone tersebut sama seperti Google Pixel, sama-sama menggunakan Stock Android namun Camera2 API secara bawaan tidak aktif lho. Mungkin karena bukan kelompok “Android One”.

Demikianlah tutorial dan informasi yang kami dapat berikan, semoga membantu. Mohon maaf jika ada kesalahan dari segi penulisan ataupun informasi, kami berusaha menyajikan selengkap mungkin dan berdasarkan fakta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here