Cara Hapus Aplikasi Bawaan (Bloatware) di HP Asus Tanpa Root & UBL

0

TEKNOSID.COM – Pastinya ada saja aplikasi yang kita tidak perlukan terpasang pada smartphone Anda, entah itu dari berbagai antar muka seperti MIUI dari Xiaomi dan ColorOS dari Oppo, bahkan antar muka Stock Android pun kadang ada juga aplikasi dari Google yang kita tidak gunakan.

Aplikasi yang tidak gunakan tersebut, hanya memenuhi space dari penyimpanan internal saja dan bahkan  ada aplikasi yang beroperasi dibalik layar, memakai daya baterai, padahal tidak dibuka sama sekali.

Tutorial kali ini akan dicontohkan pada Asus Zenfone Max Pro M2 yang kebetulan memiliki bloatware atau aplikasi yang mungkin saja tidak kamu gunakan seperti Caping, game Free Fire Garena, dan aplikasi Google lainnya yang tidak bisa dihapus secara manual.

Walaupun menggunakan Asus Zenfone Max Pro M2, tutorial ini dimungkinkan bisa Anda lakukan pada tipe smartphone Asus lainnya, dan tutorial ini juga tanpa perlu Root ataupun Unlock Bootloader (UBL)

Disclaimer: Ikuti tutorial ini dengan resiko Anda sendiri, kami tidak bertanggung jawab jika terjadi seseuatu dengan perangkat Anda, dengan mengikuti atau membaca artikel ini, berarti Anda telah menyetujui dengan hal tersebut.

Pada tutorial ini, Anda bisa menghapus semua aplikasi yang terpasang, tetapi perlu di-ingatkan, beberapa aplikasi yang tidak boleh dihapus, diantaranya aplikasi sistem karena bisa menyebabkan smartphone Anda tidak beroperasi sesuai dengan semestinya, dan terjadi bricked.

Inti lebih mudahnya, Anda hanya boleh menghapus aplikasi yang tersedia di Home Screen/App Drawer saja, selain dari itu sebaiknya jangan. Tanpa berlama-lama lagi kita coba langsung saja menuju kelangkah-langkahnya:

Syarat

  • PC Desktop/Laptop
  • Kabel USB

Beberapa file yang harus Anda download

Langkah-langkah hapus aplikasi bloatware

Karena PC yang digunakan bersistem operasi Windows 10, mungkin langkah-langkahnya akan sedikit beda.

  1. Download dan install App Inspector dan ekstrak file ADB & Fastboot Binary
  2. Aktifkan USB Debugging pada smartphone Asus Anda, caranya:
    • Masuk Setelan > Sistem > Tentang Ponsel > Ketuk tujuh kali pada Nomor Bentukan, setelah itu menu akan munculOpsi Developer
    • Kembali ke menu Sistem > Buka menu Opsi developer > Geser kebawah dan aktifkan USB Debugging dan Verifikasi aplikasi melalui USB 
    • (Catatan: Antar muka yang berbeda, mungkin saja tampilan Setelan berbeda juga, tetapi langkah-langkah nya hampir serupa)
  3. Setelah terbuka jendela Command prompt, sekarang sambungkan smartphone Asus Anda dengan PC, serta ubah pengaturan USB dari “Isi daya perangkat ini” menjadi “Transfer file“, cara mengaturnya ada dibagian bawah Notification Bar.
  4. Setelah langkah-langkah diatas selesai dilakukan, sekarang buka folder Adb & Fastboot yang bernama Platform-tools tadi, pertama pada folder Platform-tools tekan Shift + Klik Kanan, kemudian pilih Open command window here/Open power window here(Win10) 
  5. [Windows 10, Jika tidak ada jendela Windows PowerShell lewati tahap ini] Karna Windows 10 jadi tampilan Command Prompt-nya tertulis Windows PowerShell, Pada jendela ini masukan perintah start cmd kemudian tekan Enter
  6. Buka kembali Command prompt, kemudian masukan perintah: adb devices, langkah ini digunakan untuk memeriksa apakah perangkat terhubung atau tidak, jika sudah terhubung akan tertulis kumpulan hurup dan angka seperti gambar dibawah ini.
  7. Jika sudah terhubung, masukan kembali perntah:
    adb shell
  8. Nah untuk menghapus aplikasi masukan perintah ini: pm uninstall -k –user 0 + Nama direktori dari aplikasi tersebut
    • Contoh disini saya akan menghapus game Free Fire, tulislan perintah:
      pm uninstall -k --user 0 com.dts.freefireth
    • Setelah menuliskan perintah diatas, tekan Enter, jika berhasil akan tertulis Success dan aplikasi/game tersebut pun akan menghilang.

Cara mengetahui nama direktori dari aplikasi/game

Untk mengetahui nama direktori dari aplikasi/game yang ingin dihapus, yakni dengan aplikasi App Inspector yang Anda install tadi.

  1. Buka App Inspector
  2. Kemudian cari dan  aplikasi atau game yang ingin dihapus, misalnya game Free Fire
  3. Salin nama direktori terakhir dari kolom Data dir, contohnya: data/user/0/com.dts.freefireth, nah yang disalin adalah yang saya tandai huruf tebal.

Berikut tutorial versi video:

Demikianlah, semoga tutorial ini bermanfaat, jika ada pertanyaan tuliskan komentar dibawah.

Sumber referensi:

Tag: Ketikan, Tuliskan, Ketik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here