Cara Flash Xiaomi Redmi 5A via Fastboot (Mi Flash)

9
Cara Flash Xiaomi Redmi 5A via Fastboot (Mi Flash)

Nama kode untuk Xiaomi Redmi 5A ini adalah Riva, Smartphone termurah dari kelasnya dibanderol dengan harga Rp 999.000 membuat para Mi Fans memburu smartphone ini. Mungkin disini ada banyak membeli untuk sekedar mencoba atau memberi hadiah ke saudara.

Xiaomi Redmi 5A hadir resmi di Indonesia, pastinya tidak ada masalah dengan ROM yang terinstal didalamnya. misal masalah seperti Bloatware, Iklan ataupun jaringan 4G yang hilang. Redmi 5A ini dari produsennya sudah terinstal ROM Global Stable MIUI 9.1.8.0

Selain itu jika Anda ingin pindah ROM MIUI, misalnya dari Stable ke Developer diwajibkan untuk flash melalui fastboot mode yakni menggunakan Mi Flash Tool, dan untuk instal ROM melalui fastboot mode diwajibkan sudah Unlock Bootloader.

Ataupun Anda mengalami bootloop karena salah oprek Android harus di flash melalui fastboot mode.

Perlu diketahui tutorial yang akan kami share ini asli berdasarkan percobaan, bukan hasil copy/paste, serta jika mengalami gagal flashing seperti bootloop atau yang lebih parah lagi hard brick, bukan tanggung jawab kami (TeknosID.com).

Pastikan backup data penting, sebelum melalukan flashing.

Do With Your Own Risk!!!

Tested:

Windows 10 64bit

Syarat (Wajib):

Bahan-bahan yang harus di Download dan Instal:

Langkah-langkah:

  1. Download dan instal PDAnet dan Mi Flash Tool
  2. Ekstrak ROM MIUI yang sudah di download tadi.
  3. Aktifkan USB Debugging pada menu Setelan > Setelan tambahan > Opsi pengembang > USB Debugging
  4. Buka Mi Flash
  5. Setelah itu matikan smartphone dan masuk pada mode Fastboot caranya tekan Volume down + Power, kemudian sambungkan smartphone pada PC
  6. Pada Mi Flash klik Refresh jika terdeteksi akan muncul id, Device dengan huruf dan angka acak seperti dibawah ini. 
  7. Klik Select cari folder ROM yang sudah di ekstak tadi. kemudian pilih dan klik OK. 
  8. Sekarang dibagian bawah, pilih apakah mode instalasi Anda ingin full reset pilih Clean All dan Flash_all.bat (Recommended, agar terhindar dari bug)
  9. Setelah semua selesai klik Flash, saat proses flashing tunggu hingga smartphone Anda reboot sendiri jangan sampai dicabut, karena membutuhkan waktu, jika kami sampai sukses memakan waktu 800 detik++ 
  10. Jika berhasil akan tertulis status: Flash Done, result: success. 

Catatan:

  • Jika Anda telah selesai instal ROM China dan tidak ada Google Play Store atau aplikasi dari Google, cara mengatasinya disini
  • Jika mengalami bootloop atau stuck di logo MI terus coba dan pastikan langkah-langkah nya sesuai dan coba lagi.

Baca juga:

Mungkin tutorial di atas bisa diaplikasikan untuk tipe lain seperti Xiaomi Redmi 5 atau Redmi 5 Plus tetapi dengan ROM yang sesuai, Sekian dari kami semoga membantu jika Ada pertanyaan bisa tulis komentar dibawah.

9 COMMENTS

  1. Bos ini treatment copas dimana? Buat flashing itu wajib masuk download mode bukan fastboot mode. Apalagi posisi masih lockbootloadernya, ga akan bisa. Harus unlock bootloadernya dulu.

    • Waduh copas? itu tested sendiri lho pak, baca dulu dari atas samapai bawah. kan disuruh untuk Unlock Bootlader. dan itu thumbnail foto bukti Xiaomi Redmi 5A berhasil Flash. itu foto Redmi 5A lho.

  2. Flash done. Hp reboot otomatis. muncul 3 menu, reboot system, wipe all data, connect to mi assist. pilih mana?

  3. di mi flash kolom device napa muncul angka? seharusnya muncul COM bla bla bla,, karena redmi 5a driver qualcom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here