Review Xiaomi Redmi 5A – Tes Performa dan Foto

1
Review Xiaomi Redmi 5A

Pada tanggal 20 Desember 2017 Xiaomi baru saja menghebohkan pecinta gadget di Indonesia. Dikenalkan langsung oleh Donovan Sung, Director of Product Management and Marketing Xiaomi Global, merilis smartphone baru dengan harga yang sangat murah yakni 999.000 rupiah, produk terbaru itu adalah Xiaomi Redmi 5A.

Hal tersebut menjadi perbincangan karena jika dibandingkan dengan kompetitornya, memiliki spesifikasi yang sama, harga yang dipatok terpaut jauh sekitar 400 ribu rupiah.

Kemudian pada pemasaran pertama pada tanggal 27 Desember 2017, di e-commerce ternama yakni Lazada. Xiaomi Redmi 5A ini laku keras hanya dalam 3 menit setelah dibuka Redmi 5A sudah terjual habis. Dengan antusiasnya sebegitu parah pada tanggal 3 Januari 2018 Lazada kembali membuka flash sale ke 2, yang dimulai pada jam 11:00 WIB dalam waktu 20 menit lagi-lagi Redmi 5A ini langsung ludes terjual.

Saya mendapatkan Xiaomi Redmi 5A ini pada flash sale kedua di Lazada, stand by dari jam 10:00 WIB supaya kebagian haha.

Ini dia untuk spesifikasi Xiaomi Redmi 5A:

Ukuran Layar5 inci, 1.280 x 720 piksel, IPS LCD
Ketebalan8,4mm
Bobot137 gram
ProsesorQualcomm Snapdragon 425, quad-core Cortex-A53 1,4 GHz, GPU Adreno 308
RAM2 GB
Media Internal16 GB
Slot micro-SDMaksimal 128 GB
Kamera Belakang13 megapiksel, aperture f/2.2, LED flash, dan PDAF
Kamera Depan5 megapiksel dengan lensa f/2.0
Kapasitas Baterai3.000 mAh
Jaringan SelulerGSM/ 3G HSPA/ 4G LTE, dual SIM slot
Slot USBMicro-USB
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n, IR Blaster, Bluetooth v4.1, jack audio 3,5 mm, GPS dengan A-GPS, GLONASS, BDS
Sistem OperasiAndroid 7.1.2 Nougat
Pilihan WarnaGold, Rose Gold, Dark Grey
HargaRp 999.000 (pembelian Mi Store & Lazada)

 

Kelengkapan Dus Pembelian:

Xiaomi Redmi 5A yang terjual dipasaran saat ini adalah produk resmi yang di distribusikan oleh TAM, dengan garansi 1 tahun.

  • 1 Unit smartphone
  • Bundling dengan kartu perdana Indosat Ooredoo
  • Buku panduan
  • Buku pusat bantuan layanan resmi Xiaomi Indonesia.
  • SIM tray
  • Adaptor Charger Output 5 Volt 1 Ampere
  • Kabel USB

Desain dan Bodi

Xiaomi Redmi 5A memiliki ukuran layar 5 inci, dengan panel layar IPS LCD dan resolusi layar 720p, untuk bodi bagian belakang masih menggunakan material plastik dibalut dengan desain yang elegan. selain itu di bagian pinggir kiri untuk penggunaan SIM dan Slot memori sudah tidak hybird lagi, sekarang sudah ada slot khusus untuk memori eksternal, jadi Anda bisa menggunakan dua SIM card dan satu MicroSD kapasitas maksimal 128GB secara bersamaan. bodi di bagian pinggir kanan tersedia tombol Volume dan Power.

Untuk di bagian atas tersedia slot jack audio 3.5mm dan sensor infrared (yang bisa berfungsi sebagai remote control). dan terakhir di bagian bawah tersedia slot micro usb yang ditemani dengan lubang microphone.

Performa 

Performa Xiaomi Redmi 5A sangat cocok untuk dibeli dengan harga yang cukup murah pada kelasnya, ditenagai SoC Snapragon 425 quad-core berkecepatan 1.4GHz dan RAM 2GB untuk kebutuhan sehari-hari seperti media sosial dan game ringan smartphone ini bisa menjadi pilihan terbaik buat Anda.

Kami coba bermain game online yang ternama saat ini seperti Rules of Survival, Mobile Legends dan AOV dengan kualitas grafik High, Redmi 5A masih playable untuk dimainkan. dan untuk game HD seperti Asphalt 8 juga masih nyaman dimainkan tetapi Anda harus menyesuaikan settingan grafiknya.

Arena Of Valor di Xiaomi Redmi 5A (2)
Settingan High (Gambar terkompres)
Mobile Legends di Xiaomi Redmi 5A (1)
Settingan High (Gambar terkompres)
Asphalt 8 di Xiaomi Redmi 5A (3)
Settingan Medium (Gambar terkompres)

Biasanya game HD selalu memiliki ukuran file yang besar, jangan khawatir jika penyimpanan data penuh, Anda bisa menambahkan memori MicroSD maksimal 128GB.

Selain itu saya mencoba benchmark menggunakan AnTuTu dan Geekbench, pengujian pada versi MIUI 9 Global V9.1.8.0 NCKMIEI, Android 7.1 Nougat.

Hasil Benchmark Xiaomi Redmi 5A - AnTuTu - Geekbench

Skor AnTuTu Xiaomi Redmi 5A mendapat 36989 poin pada percobaan kedua, kemudian Geekbench untuk tes performa CPU mendapat skor Single-Core 675 poin dan Multi-Core 1881 poin.

Kamera

Sebelumnya saya harus bicara, pengetahuan tentang kamera saya masih awam, jadi akan di infokan seadanya. Xiaomi Redmi 5A ini pada kemera belakang memiliki resolusi  13MP dengan aperture f/2.2, Single LED Flash dengan fitur HDR, Panorama, dan Mode foto cepat secara beruntun 1 kali menakan bisa mengambil 20 gambar hanya dalam beberapa detik dan opsi lainnya yang bisa Anda pilih. Settingan Kamera Xiaomi Redmi 5A

Hasil

Pada siang hari:

Hasil Foto - Xiaomi Redmi 5a - Siang Hari - Mode HDR (1)
Mode HDR (Gambar terkompres)
Hasil Foto - Xiaomi Redmi 5a - Siang Hari - Normal Mode (2)
Normal Mode (Gambar tekompres)

Pada malam hari (low light):

Menggunakan Flash (Indoor kondisi cahaya kurang)
Tanpa Flash – HDR Mode (Indoor kondisi cahaya kurang)

 

Mungkin foto di atas terlihat pecah karena terkompres Anda bisa mengunduhnya disini file asli.

Baterai, Sensor dan Koneksivitas

Kapasitas baterai Redmi 5A sebesar 3000mAh dengan tipe Li-poly. Setelah kami coba seharian dengan pemakaian normal keseharian saya, Facebook, YouTube, Instagram, Whatsapp dan game (Mobile Legends 4 kali match), Xiaomi Redmi 5A ini cukup awet dapat bertahan selama 7 jam 12 menit.

Screen On Time - Xiaomi Redmi 5A

Selain itu untuk suhu tidak mengalami masalah panas, masih enak dipegang walaupun digunakan secara nonstop

Sensor lumayan lengkap namun untuk gyroscope dan fingerprint sayangnya tidak tersedia.

Untuk koneksivitas saya cukup senang karena pada bagian slot SIM tray tidak perlu hybird lagi sekarang bisa menggunakan 2 SIM (dual NANO) dan slot khusus untuk MicroSD. selain itu yang lainnya Bluetooth sudah versi terbaru v4.1, Wi-Fi 801.12 b/g/n, 2,4GHz, dan mendukung jaringan 4G LTE.

Terakhir terkait fitur yang ada di MIUI 9 saya belum bisa menjelajah lebih jauh, Fitur Split Screen di MIUI 9 membuka dua aplikasi sekaligus dalam satu layar, bisa membantu kinerja multi-tasking Anda, dan ada salah satu aplikasi terbaru yang bernama Mi Drop sangat membantu untuk mengirim dan menerima file dari PC ataupun sesama smartphone, penggunannya juga sangat praktis, transfer datanya lumayan cepat karena menggunakan koneksi WiFi. tanpa perlu menggunakan kabel USB.

Kesimpulan

Sesuai dengan julukannya Rajanya Smartphone Entry-Level, untuk harga Rp. 999.000 Xiaomi Redmi 5A dengan kebutuhan normal seperti media sosial, game biasa smartphone ini sangat worthed untuk dibeli.

Menurut informasi jika ingin mendapatkan harga 999 ribu rupiah Anda harus membelinya di Mi Store dan Lazada, biasanya di toko lain dipatok dengan harga 1,2 juta rupiah

Catatan: Anggap saja ini bukan review hanya testing saja, saya sebagai penulis hanya ingin berbagi pengalaman dan belajar mencoba, jika ada kesalahan mohon bantu untuk dikoreksi 🙂

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here