Cara Cek Rekening Penipu Atau Bukan (Resmi dari Kominfo)

0
Sumber Gambar: kominfo.go.id

TEKNOSID.COM – Jual beli online saat ini sudah menjadi hal biasa, dan bahkan menjadi alternatif lain untuk mencari produk yang tidak tersedia di daerah Anda. Namun banyak yang harus diperhatikan saat bertransaksi online.

Sebenarnya ada yang lebih aman untuk bertransaksi online, terutama pada produk fisik, kami sarankan menggunakan marketplace terbesar di Indonesia saat ini seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan masih banyak lagi. Marketplace tersebut bisa dibilang sebagai media penengah antara penjual dan pembeli. Jika Anda punya produk yang bisa dijual? Anda bisa menjualnya dimarketplace terssebut dan sebaliknya jika Anda sedang mencari produk? marketplace tersebut bisa menjadi tempat yang direkomendasikan, dari segi keamanan lebih terjamin, pilihan produkpun cukup banyak. Tetapi ada sedikit yang harus diperhatikan juga, Anda bisa melihat penjelasan pada artikel ini:

Namun saat ini Anda tidak berencana bertransaksi di marketplace diatas melainkan langsung mentransfer uang ke rekening penjual. Maka dari itu sebelum kepada inti judul yakni cara cek rekening seseorang apakah terpercaya atau bukan, kami sedikit memberi tips sebelum bertransaksi one to one.

Tips aman saat transaksi online:

  • Cek identitas penjual seperti akun media sosialnya, bisa cek dari foto jumlah follower/teman pada akun si penjual.
  • Jika dia mengaku seorang penjual, cek apakah dia punya testimoni atau tidak? Jika punya Anda harus melihat komentar dari testimoni tersebut apakah positif atau tidak.

Itu baru sebagian awal untuk memastikan diri dari hal-hal negatif dan masih banyak lagi yang harus diperhatikan. Baru baru ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menerbitkan sebuah situs yang dimana membantu Anda terhindar dari penipuan dan modus saat bertransaksi jual beli online.

Situs tersebut adalah Cekrekening.id tercantum pada siaran pers: NO. 53/HM/KOMINFO/05/2017 Tentang Penerbitan Portal www.cekrekening.id untuk Membantu Masyarakat  Mendapat Informasi Rekening Bank yang  Diduga Melakukan Tindakan Penipuan, Sumber.

Situs Cekrekening.id selain bisa memeriksa rekening seseorang, Anda juga dapat melaporkan bahwa pengguna dari rekening tersebut telah melakukan tindak yang bisa menyebabkan kerugian seperti penipuan, investasi palsu, terorisme, dan kejahatan lainnya, yang pastinya dengan melampirkan bukti-bukti kuat.

Cara cek rekening di CekRekening.ID

  1. Kunjungi halaman utama https://cekrekening.id/
  2. Masukan nomor rekening penjual, dan jangan lupa pilih nama Bank.
  3. Jika sudah klik Periksa Rekening

Ini dia salah satu screen shot rekening seseorang yang dianggap terbukti menipu, dan tertulis Verified yakni sudah verifikasi oleh tim dari Cekrekening.id 

Menurut informasi yang kami dapatkan dari Kompas bahwa pada situs tersebut sudah terdapat 16,000 laporan tertanggal dari 11 September 2018, dan 14,000 laporan merupakan kategori penipuan transaksi online.  “Data per hari ini, 11 September 2018,” kata Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (11/9/2018).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here