6 Aplikasi Uang Elektronik Paling Populer di Indonesia

0
Sumber gambar: Pixabay by

TEKNOSID.COM – Tak bisa diingkari lagi kalau perkembangan teknologi telah memengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia. Sebab, keberadaan teknologi telah didesain dan dibuat untuk mempermudah kehidupan. Hal ini pun tidak jadi pengecualian dalam hal uang atau transaksi pembayaran, yang ditunjukkan dengan perkembangan teknologi uang elektronik atau uang digital. Dengan fungsi yang sama seperti halnya uang kartal – kertas dan koin – uang digital membuat pembayaran jadi lebih mudah, praktis, cepat, dan aman.

Hal tersebut dikarenakan bentuknya yang tidak dalam wujud fisik seperti uang kartal. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot membawa banyak uang ketika bepergian. Selain itu, berbeda dengan transaksi menggunakan kartu debit atau kartu kredit, uang elektronik ini pada dasarnya seperti uang kas, hanya saja dalam bentuk yang lain. Anda pun tak perlu direpotkan dengan uang kembalian setelah melakukan pembayaran, apalagi uang receh yang sering kali membuat dompet penuh dan menimbulkan suara berisik.

Kepopuleran metode pembayaran ini di Indonesia tak lepas dari keberadaan berbagai aplikasi e-wallet yang mempermudah masyarakat dalam menggunakan uang elektronik. Saat ini, ada berbagai pilihan yang ada di pasaran dan dapat digunakan oleh siapa saja. Yuk, simak apa saja aplikasi uang elektronik populer di Tanah Air berikut ini!

LinkAja

Kalau berbicara soal uang elektronik di Indonesia, Bank Mandiri sebagai peklopornya dengan produk e-money jelas tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Pada mulanya, e-money dari Mandiri menggunakan format kartu yang hanya bisa diisi ulang (top up) lewat ATM.

Karena itulah Mandiri kemudian merilis produk berikutnya yang disebut dengan e-Cash, yaitu layanan e-wallet mereka. Nah, pada awal 2019, layanan e-Cash ini sudah menjadi bagian dari LinkAja, yang sebelumnya merupakan tCash milik Telkomsel.
Anda bisa gunakan aplikasi LinkAja untuk melakukan pembayaran secara tunai di berbagai merchant

Yang telah bekerja sama dengan layanan ini. Selain itu, Anda pun bisa menggunakan LinkAja untuk keperluan lainnya, misalnya melakukan penarikan uang secara tunai, yang nantinya mengurangi saldo di dalam LinkAja Anda, serta mentransfer uang.

Go-Pay

Setelah sukses dengan layanan transportasi online, Go-Jek lantas mengembangkan produk fintech mereka yang diberi nama Go-Jek. Bahkan, saking populernya layanan uang elektronik yang satu ini, sampai-sampai CEO PT Go-Jek Indonesia Nadiem Makarim menjanjikan bahwa Go-Pay nanti akan berdiri sendiri dan tak lagi hanya bisa digunakan dalam aplikasi Go-Jek agar bisa melayani lebih banyak kebutuhan.

Saat ini, Anda bisa gunakan saldo Go-Pay Anda untuk membayar berbagai layanan Go-Jek, seperti ojek motor atau taksi online, membeli makanan lewat Go-Food, isi pulsa lewat Go-Pulsa, dan bayar tagihan listrik atau air lewat Go-Bills. Sedangkan saldonya bisa diisi ulang lewat mitra pengemudi Go-Jek, ATM, internet atau mobile banking, atau lewat jaringan Alfamart.

Selain digunakan untuk berbagai kebutuhan yang sudah disebutkan di atas, Go-Pay juga bisa digunakan untuk bertransaksi di berbagai merchant yang sudah tersebar di penjuru Indonesia. Caranya hanya dengan memindai (scan) kode QR yang dicetak atau yang sudah dipasang di merchant tersebut. Untuk mengetahui apakah sebuah merchant telah bekerja sama dengan Go-Pay atau belum, Anda bisa cek keberadaan stiker atau papan yang menandakan bahwa merchant tersebut adalah rekanan Go-Pay atau tidak, yang biasanya berada di dekat kasir.

OVO

OVO - Google PLay

Operator layanan transportasi online lainnya, yaitu Grab, juga memiliki produk e-wallet mereka sendiri. Dulunya bernama GrabPay, sekarang namanya menjadi OVO setelah adanya kerja sama antara kedua belah pihak. Dan serupa seperti penggunaan Go-Pay, saldo OVO yang Anda miliki pun bisa digunakan untuk membayar layanan Grab yang Anda pesan dan terima – GrabRide, GrabCar, GrabFood, GrabExpress, dan sebagainya – maupun untuk bertransaksi secara offline di berbagai merchant yang sudah bekerja sama dengan OVO.

Untuk mengisi ulang saldo OVO, Anda bisa melakukannya langsung lewat mitra pengemudi Grab Anda. Atau, Anda bisa lakukan lewat ATM maupun layanan mobile atau internet banking. Nah, untuk top up saldo OVO lewat layanan perbankan, Anda tidak akan dikenai biaya administrasi atau potongan sepeserpun. Artinya, jika Anda ingin mengisi saldo Anda sebesar Rp 500.000, maka jumlah uang yang dipotong dari saldo bank ketika melakukan top up juga sebesar Rp 500.000.

DANA

Dana - Google Play

Dengan menggunakan aplikasi DANA, Anda pun bisa bertransaksi dengan mudah, cepatn, dan praktis tanpa harus menggunakan kartu, apalagi pakai uang tunai. Dengan DANA, Anda bisa melakukan berbagai macam transaksi dari mana saja dan kapan saja, seperti isi pulsa, bayar cicilan bulanan, bayar tagihan air dan listri, sampai iuran asuransi dan BPJS.

Selain itu, serupa seperti produk layanan uang elektronik lainnya, DANA pun memiliki fitur kode QR yang bisa digunakan untuk mempermudah dan mempercepatn transaksi pembayaran di berbagai merchant yang telah bekerja sama dengan layanan ini,
Transfer uang juga bisa dilakukan lewat DANA, baik itu transfer ke pemilik akun DANA lainnya atau transfer masuk ke dalam akun Anda. Untuk transfer ke luar, Anda hanya perlu memasukkan nomor HP penerima yang didaftarkan di layanan DANA. Sedangkan untuk transfer masuk, Anda bisa membagikan kode QR Anda kepada si pengirim agar mereka bisa mentransfer dana ke akun Anda.

i.Saku

I Saku

Nama layanan pembayaran digital yang satu ini barangkali sudah tak lagi asing di telinga Anda, terutama jika Anda sering mampir ke jaringan mini market Indomaret. Hal ini dikarenakan adanya kerja sama antara kedua pihak tersebut, sehingga siapapun pengguna layanan i.Saku biasanya bisa mendapatkan promo menarik atau potongan harga ekstra untuk berbagai produk yang mereka beli dari Indomaret. Meski begitu, daya tarik i.Saku tidak terbatas hanya pada program tersebut.

Dengan menggunakan i.Saku, Anda pun bisa melakukan transfer tunai maupun tarik tunai untuk menambah atau mengurangi saldo Anda dengan memanfaatkan fasilitas token. Di samping itu, Anda juga bisa mengumpulkan poin dari masing-masing transaksi yang Anda lakukan lewat i.Saku. Semua poin yang terkumpul bisa Anda tukarkan dengan beragam pilihan hadiah menarik yang ada di dalam menu My Poin! Menarik, kan?

Sakuku salah satu layanan pembayaran uang elektronik yang cukup populer di Indonesia, Sakuku dikeluarkan oleh Bank BCA, banyak fitur yang disediakan untuk memudahkan Anda untuk melakukan transaksi dengan rekening BCA, seperti penarikan uang di ATM BCA tanpe perlu menggunakan Kartu.

Selain itu, Sakuku menyediakan layanan isi pulsa, voucher, tiket bioskop, pembayaran direstoran atau kafe, pembayaran ditoko buku dan pembayaran ditempat lainnya yang menyediakan pembayaran Sakuku.

Top-up bisa Anda lakukan melalui produk dari BCA seperti KlikBCA, ATM BCA, BCA Mobile dan lain-lainya. Namun bagi Anda yang ingin menikmati semua fitur yang penting, Anda diharuskan

Apakah Anda sering menggunakan layanan uang elektronik? Kalau iya, mana yang jadi aplikasi favorit pilihan Anda?

[PC]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here