Update Facebook Agar Data Anda Aman dari Akses Pihak Ketiga

0

TeknosID.com – Menurut kabar dari yang sedang beredar saat ini, situs sosial media kenamaan yakni Facebook telah kecolongan dengan data penggunanya telah bocor dan disalah gunakan oleh pihak tertentu. Sementara itu informasi yang bersumber Cambride Analytica melalui GSMArena memperlihatkan data yang kemungkinan digunakan untuk keperluan tertentu.

Terlihat dari grafik tersebut diperkirakan 87 juta informasi data akun disebarkan dan mungkin disalah gunakan. Bahkan kabarnya pada tahun 2016 hal tersebut digunakan untuk pemilihan Presiden Amerika Serikat.

Data diri biasanya tersimpan pada Application Program Interface atau API yang terpasang pada akun Facebook Anda melalui akses pihak ketiga, yang akhirnya informasi bisa diambil seperti Event, Friend List, Group dan Fan Page.

Kemudian beberapa pekan yang lalu, Mark Zuckerberg selaku pendiri Facebook, memberitahukan bagaimana cara agar akun Anda aman dari pencurian informasi. Yakni dengan memperbarui Facebook kemungkinan nanti tanggal 9 April 2018, karena nanti pembaruan tersebut akan menghadirkan fitur yang dimana bisa menjaga data Anda tetap aman.

Nantinya Facebook akan menolak izin akses pihak ketiga ketika mengambil data, selain itu beberapa rencana Facebook untuk menjaga informasi para penggunanya:

  • Anda tidak bisa mencari profil Facebook seseorang dengan memasukan nomor telepon dan email
  • API Instagram akan diubah
  • Facebook akan memberitahukan jika akun tersebut kemungkinan telah diambil datanya, dengan Cambridge Analytica
  • Dimulai tanggal 9 April, Pada aplikasi Facebook akan muncul notifikasi seperti Screen Shoot diatas.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here