Channel di YouTube Banyak Yang Hilang? Mungkin ini Alasannya

1

TEKNOSID.COM – Di YouTube banyak macam-macam konten yang tersedia dari berbagai macam kategori. Hal tersebut menjadi alasan kenapa YouTube terus berkembang. Namun saat ini pengguna dan penonton setia YouTube mendapati masalah.

Masalah tersebut adalah hilangnya beberapa Channel dan Video di YouTube, tetapi hanya hilang bila menggunakan operator tertentu salah satunya Indosat,  jika selain dari operator tersebut Channel dan Video masih ada.

Kemudian penyebabnya adalah fitur dari Youtube yakni Restricedted Mode (Mode Terbatas) dipaksa aktif dan tidak bisa di non-aktifkan. Tidak diketahui alasan kenapa fitur Mode Terbatas tidak bisa di non-aktifkan, namun informasi yang beredar bahwa hal tersebut bersumber dari pemerintah yakni Kementrian Komunkasi dan Informasi (Kominfo), memerintahkan agar Google mengaktifkan “Safe Search” sesuai dengan siaran pers:

“Siaran Pers No. 158/HM/KOMINFO/08/2018 Tentang Libatkan Operator, Kominfo Terapkan Penapisan Gambar di Fitur Pencarian Aman”

Jadi bilamana Mode Terbatas aktif, fitur tersebut akan mem-filter konten yang kurang baik untuk dilihat, misalnya konten yang mengandung unsur dewasa. Tetapi yang terjadi channel gaming pun hilang, padahal tidak ada sangkut pautnya dengan konten dewasa.

Untuk masuk pengaturan Mode Terbatas pada aplikasi YouTube caranya seperti di bawah ini:

  • Tap ikon akun > Pilih Setting > General > Geser kebawah untuk mengatur Restricted Mode (Mode Terbatas)

Kominfo juga menghimbau kepada 15 operator yang menyediakan layanan internet untuk segera mengikuti aturan yang telah disebarkan. Walaupun dari siaran pers  mengenai mesin pencari dan bertujuan untuk memberantas konten dewasa, namun YouTube pun kena imbasnya. Belum ada informasi resmi dari pihak Google perihal fitur Restricted Mode yang dipaksa untuk aktif.

Sumber

1 COMMENT

  1. Sekedar info untuk yang pakai Indosat dan tidak bisa menonaktifkan mode terbatas bisa pakai aplikasi vpn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here