Cara Menghapus Otomatis History Pencarian dan Lokasi pada Google

0

TEKNOSID.COM – Google menyimpan dan mengumpulkan data mulai dari riwayat pencarian di Google, lokasi yang pernah Anda tempati dan lain-lainnya, yang berguna untuk ‘Fitur’ yang Anda pakai juga.

Namun bagi Anda yang khawatir dengan privasi, Anda tak usah khawatir karna Google sendiri memiliki pengaturan untuk menghapus data tersebut secara otomatis. Pada halaman Google My Activity.

Pengaturan penghapusan riwayat pencarian dan lokasi, bisa dihapus otomatis mulai dari 3 bulan sekali atau 18 bulan sekali, pengaturan tersebut berada di ‘Kontrol Aktivitas’. Lebih jelasnya kita langsung saja ke langkah-langkahnya.

Langkah-langkah:

  1. Buka browser dan buka halaman Google.com, kemudian log-in dengan akun Google Anda.
  2. Jika sudah akun Google sudah masuk, Anda tinggal membuka halaman Activity Control
  3. Pertama untuk mengatur riwayat dari Web & App Activity Dibagian Auto-delete (OFF), pilih opsi hapus otomatis yang akan diatur, antara 3 bulan dan 18 bulan.
  4. Dengan memilih opsi tersebut, Anda telah mengatur untuk menghapus data yang lebih dari 3 bulan misalnya, secara otomatis.

Riwayat Situs Web & Aplikasi, Lokasi dan YouTube.

Penjelasan singkat mengenai aktivitas kontrol:

  • Web & App Activity: Google menyimpan riwayat pencarian dilayanan Google, untuk memudahkan pengalaman Anda dalam berselancar dimesin pencari.
  • Location History: Ketika berpergian dengan gadget yang Anda bawa, Google menyimpan riwayat lokasi yang Anda tempati, tentunya memudahkan Anda bilamana menggunakan aplikasi Google Maps.
  • YouTube History: Menyimpan riwayat video yang Anda tonton dan cari, yang berguna untuk memberi rekomendasi video yang cocok untuk Anda.

Dimanakah kita bisa melihat semua aktivitas kita di Google

Untuk melihat aktivitas Anda bisa masuk menu ‘Manage Activity’ misalnya pada bagian Web & App Activity, disana akan terlihat aktivitas yang saya lakukan, mulai membuka marketplace online serta produk apa yang saya buka.

Kemudian akan terlihat situs web berita yang saya buka juga, begitupun dengan halaman YouTube History dan juga Location History.

Anda juga dapat menghapus riwayat tersebut satu persatu dengan mengklik ikon tiga titik, kemudian pilih opsi Delete.

Centang Perlukah Dihapus?

Selain auto-delete riwayat, pada pengaturan Activity Control terdapat opsi untuk menghapus centangnya. Hal tersebut tergantung dari pengaturan tersebut, misalnya jika dibagian Web & App Activity tertulis:

  • Include Chrome history and activity from sites, apps, and devices that use Google services / Terjemahan: Sertakan riwayat dan aktivitas Chrome dari situs, aplikasi, dan perangkat yang menggunakan layanan Google
  • Include voice and audio recordings / Terjemahan: Termasuk rekaman suara dan audio

Artinya jika dengan Anda menghapus centang pada kedua opsi tersebut, nantinya Google tidak akan menyimpan data mulai dari Riwayat dari Chrome, Situs Web, Aplikasi yang menggunakan layanan Google, serta tidak merekam suara.

Apakah perlu mengaktifkan auto-delete dan opsi penyimpanan riwayat?

Keuntungan dengan adanya aktivitas riwayat. Google dapat mengolah pengalaman dalam berselancar di internet, misal jika Anda sering menonton video musik tahun 2000-an. Nantinya pada beranda YouTube akan muncul rekomendasi lagu tahun 2000-an yang mungkin saja cocok dengan Anda.

Begitu pula dengan riwayat lokasi, jika sedang bepergian dan Anda ingin melihat rute sebelumnya yang pernah dilalui, riwayat lokasi pada aplikasi Google Maps, akan memberikan informasinya kepada Anda.

Artinya dengan Google menawarkan optimasi experience dalam berselancar dan menggunakan layanan dari Google ini.

Kemudian apakah perlu? semua balik lagi dari penggunanya. Apakah Anda sangat khawatir dengan privasi, mungkin jika smartphone dan PC Anda sering dipakai orang lain, pengaturan tersebut bisa jadi pilihan terbaik.

Jika saya sendiri karna pelupa, riwayat pencarian atau lokasi, sangat membantu. Jadi saya tidak menghapusnya, mungkin saya akan hapus riwayat tersebut, ketika butuh saja. Dan saya sendiri yakin Google tidak menggunakan data informasi pribadi untuk kepentingan yang ‘tidak baik’.

Itulah tutorial sekaligus tips, semoga dapat membantu jika ada pertanyaan bisa tulis komentar dibawah ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here