Cara Mengaktifkan Navigasi Berbicara di Google Maps

0

TEKNOSID.COM – Sekarang sudah dimudahkan untuk mencari lokasi atau tempat. Anda cukup menggunakan aplikasi peta digital yang sangat populer yakni Google Maps. Google Maps mengenai informasi lokasi cukup detail, Anda bisa melihat foto-foto dari tempat yang dicari.

Nah jika Anda sedang berkendara entah itu pakai motor atau mobil. Sangat berbahaya jika, fokus melihat ke ponsel. Malahan aturan lalu lintas merekomendasikan menepi dulu, jika ingin melihat ponsel.

Namun tentunya, akan membutuhkan waktu lama untuk menepi terus. Nah, Google Maps memiliki fitur Navigator atau jika dalam bahasa Indonesia, fiturnya bernama ‘Mulai Mengemudi’.

Fitur Mulai Mengemudi, akan mengarahkan ke lokasi Tujuan secara realtime serta menavigasi melalui suara. Jadi, Anda tak perlu melihat layar ponsel terus-menerus, Anda bisa menengok sedikit dan mendengarkan arahan suara dari Maps.

Langkah-langkah:

  1. Pastikan Anda sudah memasang Google Maps: Android & iOS  dan juga agar lokasi dapat dideteksi pastikan Anda sudah mengaktifkan fitur Lokasi/Map yang ada di smartphone Anda. Biasanya fitur tersebut terdapat di-status bar.
  2. Jika ingin suara navigasi berbahasa Indonesia, pertama Anda harus masuk ke Settings. Caranya Tap Ikon Akun Google Anda, kemudian pilih Setelan selanjutnya masuk ke menu Setelan Navigasi.
  3. Atur pada pengaturan Pilihan suara, serta agar suara besar, atur Volume panduan menjadi Besarkan. Sekarang fitur Navigasi siap digunakan.
  4. Kembali ke halaman utama, tap kon Tap ikon Mulai, selanjutnya pada kolom tujuan masukan destinasi yang ingin Anda kunjungi, terakhir tap Mulai

Nantinya jika fitur Map dan koneksi internet sudah aktif, selagi berjalan navigasi akan mengarahkan Anda menuju lokasi, dibantu dengan pemandu suara.

Saran

Pakai penahan agar smartphone tidak jatuh dan tak perlu dipegang. Untuk mencari penahan atau biasa dikenal holder ini, Anda cukup menuliskan kata kunci ‘Holder HP untuk motor’ / ‘Holder HP untuk mobil’ di Google atau di e-commerce kesayangan Anda.

Itulah cara mengaktifkan suara navigasi yang dapat bicara pada Google Maps, semoga dapat membantu. Jika ada pertanyaan dan saran tulis komentar dibawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here