Cara Aktivasi Akun Jenius, Pengalaman Aktivasi diluar Jabodetabek

4

TEKNOSID.COM – Salah satu terobosan baru dari bank BTPN mengeluarkan layanan fintech yang sangat menarik yaitu Jenius. Jenius cukup populer karna fitur dan kegunaannya yang cukup membantu bagi Anda yang suka transaksi tanpa perlu pergi ke ATM ataupun ke kantor cabang, cukup dengan aplikasi Jenius dan koneksi internet, Anda dapat transfer, menerima uang dan menabung dengan bunga yang cukup besar, yakni sekitar 5% hingga 7%.

Bagi Anda yang sudah registrasi akun Jenius pada aplikasinya, dan ingin mengaktifkan akunnya? saya sebagai salah satu penulis disini akan membagikan pengalaman cara aktivasi akun Jenius, dan tinggal diluar wilayah Jabodetabek.

Bagi yang belum registrasi bisa langsung download aplikasinya di Google Play Store dan App Store, mengenai langkah-langkahnya bisa cek pada halaman resmi Jenius

Dimana kita bisa aktivasi Jenius?

Perlu Anda ketahui ada tiga cara untuk aktivasi:

  • Jenius Crew Mendatangi Rumah Anda (Untuk saat ini hanya ada di Jabodetabek)
  • Datang ke Jenius (Untuk saat ini hanya ada di kota-kota besar)
  • Datang ke kantor cabang bank BTPN Sinaya atau Purna Bakti

Nah saya tinggal diluar Jabodetabek dan jauh dari kota besar, untuk aktivasi Anda bisa langsung datang ke kantor cabang BTPN Sinaya atau Purna Bakti terdekat, untuk dapat mengetahui lokasinya bisa Anda cek, pada halaman ini: Lokasi kantor cabang BTPN & Jenius Center, jika daerah Anda tidak tercantum, Anda bisa mencarinya melalui mesin pencari Google.

Syarat Aktivasi Jenius

Saat berada di kantor cabang bank BTPN, apa saja yang harus dibawa dan dilampirkan?

  • KTP (Wajib)
  • Nomor HP yang terdaftar saat registrasi (Wajib)
  • Nomor rekening dari Jenius (Wajib)
  • NPWP (Opsional)

Itulah syarat yang harus dilampirkan saat aktivasi,  tidak dipungut biaya apapun. Setelah menyelesaikan persyaratan aktivasi, nantinya Anda akan disuruh menunggu email dari BTPN, tentang informasi apakah akun Jenius kita berhasil diaktivasi atau belum. Email diterima kurang lebih 2 jam, contohnya seperti gambar dibawah ini:

Email setelah aktivasi ke kantor cabang BTPN

Sesuai pengalaman saya, dihari yang sama setelah akun Jenius aktif, saya langsung melakukan transaksi seperti menerima uang dari bank BRI, dan bahkan saya langsung melakukan transfer ke website luar negeri yang menggunakan mata uang USD dengan pembayaran kartu debit visa yang dimiliki Jenius ini, pastinya dengan rate dollar yang ditentukan oleh Jenius.

Kartu Debit

Secara otomatis setelah aktivasi berhasil, kartu debit utama (m-Card) akan otomatis dibuat, dan akan dikirimkan ke alamat korespondensi saat Anda registrasi akun Jenius, nantinya setelah kartu m-Card diterima Anda harus mengaktifkan kartunya agar bisa digunakan untuk transaksi offline, caranya cukup mudah:

  1. Masuk menu Card Center
  2. Ketuk Aktifkan pada m-Card
  3. Terakhir masukan nomor CVV yang berada dibelakang kartu dan membuat PIN baru untuk m-Card

Menariknya, total ada 5 kartu debit yang tersedia pada rekening Jenius, diantaranya satu dari m-Card (Fisik), e-Card (Non-Fisik) dan tiga dari (x-Card). Pada setiap kartu Anda bisa mengatur limit penarikan dari ATM (atm BTPN, ATM Bersama, Prima, Plus) atau limit transaksi, ubah PIN kapan saja, bebas memilih warna kartu, dan juga bisa mengganti kartu bilamana hilang, caranya dengan memblokir kartunya pada aplikasi Jenius.

Penjelasan lebih detail mengenai ketiga jenis kartu debit Jenius, m-Card, e-Card dan x-Card bisa Anda cek pada halaman situs Jenius.

Update April 2019

Aktivasi Jenius Lewat Video Call

Aktivasi Jenius bisa Anda lakukan secara online melalui Video Call dengan Jenius Crew, untuk tutorialnya sebagai berikut:

    1. Pastikan koneksi internet kamu stabil.
    2. Di dalam halaman utama aplikasi Jenius, pilih Aktivasi Sekarang.
    3. Pilih Aktivasi dengan Video Call.
    4. Jenius akan meminta akses kamera dan mikrofon pada smartphone kamu. Pilih Izinkan.
    5. Apabila kamu tidak langsung terhubung pada Jenius Crew, kamu akan masuk dalam antrean. Tunggu sesuai dengan waktu estimasi yang ditunjukkan.
    6. Setelah terhubung, ikuti instruksi yang diberikan Jenius Crew.
    7. Untuk keperluan verifikasi, siapkan KTP asli dan pastikan kamu berada di tempat dengan pencahayaan yang cukup.
    8. Setelah selesai, tunggu e-mail konfirmasi yang menyatakan akun kamu telah aktif.

Sumber: www.jenius.com/faq/langkah-awal/

Keluhan

Bilamana ada keluhan saat registrasi atau aktivasi Anda bisa menghubungi costumer care Jenius pada nomor 1500 365, atau jika ingin bertanya-tanya bisa pada akun Twitter resmi Jenius @JeniusHelp

Sedikit cerita saya pun mengalami masalah saat aktivasi pertama, yap saya dua kali aktivasi karna mungkin saja Jenius pada hari tersebut sedang mengalami masalah teknis, masalahnya di-email menerima pemberitahuan “Akun Jenius tidak berhasil diaktifkan“.

Jadi saya disuruh menghubungi pada nomor diatas, costumer care yang saya hubungi menanyakan Nama, Alamat, Nomor Telepon dan Email, mungkin untuk reset data mengingat sedang mengalami kendala teknis, sebab saya juga melihat keluhan serupa dari pengguna lain pada Twitter @JeniusHelp

Kesan

Ini bukan postingan sponsor, tetapi rekening Jenius ini sangat membantu bagi saya untuk transfer tidak perlu jauh-jauh pergi ke ATM dan juga untuk membayar langganan Netflix, Viu dan juga pembayaran online internasional dengan menggunakan Visa.

Itulah informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat dan bilamana ada yang ditanyakan dan saya bisa jawab bisa komentar dibawah, dan untuk lebih detailnya Anda menghubungi costumer care Jenius.

 

4 COMMENTS

    • Tidak gan.
      Barusan saya juga sudah aktivasi melalui video call, hanya diminta melambaikan tangan ke kamera :v
      Ehh diminta menunjukan KTP ke kamera 😁
      Awalnya sih disuruh menunjukan kartu SIM juga, tapi saya bilang “SIM saya dirumah”. Karna kebetulan sayanya lagi di tempat kerja..

  1. Cara registrasi untuk mahasiswa gimana kak? Saya agak bingung mengisi data terkait pekerjaan/kantor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here